Header Ads

Piala AFF U-19 2024: Timnas Indonesia kembali puncaki klasemen usai kalahkan Kamboja 2-0

Piala AFF U-19 2024: Timnas Indonesia kembali puncaki klasemen usai kalahkan Kamboja 2-0
Menghadapi timnas U-19 Kamboja pada matchday kedua Turnamen Piala AFF U-19 2024, pada Sabtu (20/07/2024) malam WIB di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Timnas Indonesia vs Kamboja kembali membawa tim asuhan Indra Sjafri menduduki puncak klasemen Grup A Piala ASEAN U-19 2024 setelah menang 2-0.

Kamboja yang memusatkan pemainnya di zona pertahanan mampu meredam serangan skuad muda Garuda. Arkhan Kaka CS yang tampil sebagai starter tak mampu membongkar pertahanan Kamboja sehingga tak ada gol tercipta di babak pertama.

Timnas U-19 Indonesia akhirnya memecah kebuntuan pada babak kedua laga, lewat aksi Kadek pada menit ke-71 dan ditutup dengan kemenangan 2-0 melalui gol Iqbal Gwijangge di menit ke-86.

Jalannya pertandingan?

Dalam laga melawan timnas U-19 Kamboja, pelatih Garuda muda Indra Sjafri tidak melakukan perubahan apa pun pada pemainnya. Pasalnya, tim Garuda Nusantara masih mempunyai beberapa opsi pemain cadangan. Jens Raven dan Welber Jardim termasuk di antara pemain yang masih duduk di bangku cadangan.

Indra tak segan-segan memainkan starter di laga sebelumnya, dia fokus pada pemain yang sudah tampil di game pertama. Alhasil, timnas U-19 Indonesia yang mendominasi penguasaan bola kesulitan menembus solidnya lini pertahanan Kamboja. Taktik parkir bus yang dilakukan tim Angkor membuat skuad asuhan Indra Sjafri kesulitan menerobos pertahanan lawan.

Beberapa serangan Arkhan Kaka CS terus terhenti di kaki pemain Kamboja. Kurangnya penguasan di lini tengah menyebabkan Indra Sjafri memasukkan Welberlieskott de Halim Jardim dengan menggantikan Figo Dennis pada menit ke-34. Laga Indonesia kontra Kamboja pada babak pertama tidak membuahkan gol dan berakhir imbang 0-0.

Selepas jeda turun minum, sejumlah peluang emas justru didapat para penggawa timnas U-19 Indonesia untuk menembus pertahanan Kamboja. Namun skuad Garuda muda kerap kehilangan momentum saat melepaskan bola, sehingga mudah dipatahkan lawannya terlebih dahulu.

Terlihat timnas U-19 Indonesia tak mudah melewati tembok Kamboja dengan umpan-umpan pendek, membuat mereka mencari peluang melalui tembakan jarak jauh. Pada menit ke-58 Arlyansyah Abdulmanan memanfaatkan pertahanan Kamboja yang mulai melemah, lalu melepaskan tembakan kaki kanan dari luar area penalti.

Sementara timnas U-19 Kamboja membalas lewat serangan Sreng Sokea di menit ke-62, membuat lini belakang tim Indra Sjafri ketar-ketir. Phoeuk Thatthai yang menyambut bola dengan kaki kanannya mengancam kiper Ikram Al Giffari, beruntung bola masih melambung di atas gawang.

Empat menit berselang, tembakan Kadek Arel dari area penalti bisa diblok kiper lawan. Akhirnya, Garuda muda memecah kebuntuan 1-0 melalui sundulan Kadek Arel pada menit ke-71 yang tak terkawal oleh Mat Lany. Kadek yang memanfaatkan umpan Muhammad Kafiatur dari situasi sepak pojok mengirim bola ke gawang Kamboja melalui sundulannya.

Memasuki menit ke-77, tembakan kaki kiri Welber Jardim nyaris menggandakan keunggulan timnas U-19 Indonesia andai saja bola tak melebar dari gawang Kamboja. Skuad asuhan Indra Sjafri memperlebar skor menjadi 2-0 pada menit ke-86, lewat gol Iqbal Gwijangge yang memanfaatkan umpan Muhammad Kafiatur dengan baik.

Dalam tayangan ulang, sepak pojok Kafiatur lebih dulu membentur lawan, kemudian Iqbal melepaskan bola ke pertahanan timnas U-19 Kamboja. Dengan hasil tersebut, Garuda Muda berhasil mengalahkan Kamboja 2-0 pada matchday kedua Piala AFF U-19 2024.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.